Polres Dumai Melaksanakan Penelitian dan Supervisi Tentang Optimalisasi Pengguna Jalan

DUMAI (granatnewss) – Selasa (02/11/2021) sekira pukul 09.00 WIB, bertempat di Gedung Citra Waspada Polres Dumai telah berlangsung Penelitian dan Supervisi tentang Optimalisasi Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan Untuk Mewujudkan Kamseltibcar Lantas oleh Tim Pusat Penelitian Dan Pengembangan (Puslitbang) Polri.

Penelitian dan Supervisi tentang Optimalisasi Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan Untuk Mewujudkan Kamseltibcar Lantas di Polres Dumai dipimpin oleh Kombes Pol Saefuddin Mohammad, S.I.K selaku Ketua Tim Penelitian, Kombes Pol F. X. Surya Kumara, S.H, M.H selaku Ketua Tim Supervisi, AKBP Ir. Dadang Sutrasna selaku Anggota Tim Penelitian dan Penata TK I Usman, M.A selaku Konsultan Tim Penelitian, serta turut didampingi oleh Tim Pendamping Polda Riau yakni Kabag Strajemen Birorena Polda Riau AKBP Osva SIK, M.Si.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Tim Penelitian dan Supervisi di Polres Dumai disambut langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, S.I.K bersama Wakapolres Dumai Kompol Sanny Handityo, S.H, S.I.K. Sementara peserta Penelitian dan Supervisi tentang Optimalisasi Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan Untuk Mewujudkan Kamseltibcar Lantas terdiri dari Kabag Ops Polres Dumai Kompol Pauzi, S.H, M.H, Kabag Ren Polres Dumai Kompol Jusli, S.H, Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, S.I.K, KBO Sat Lantas Polres Dumai Iptu M. Nainggolan, S.H dan Para Kanit Sat Lantas Polres Dumai serta Polsek Jajaran Polres Dumai.

Tak hanya itu, Penelitian dan Supervisi oleh Tim Puslitbang Polri di Polres Dumai juga turut dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Marga Kota Dumai Yomi Idriansyah, S.T, Perwakilan Dinas Perhubungan Kota Dumai, Dinas Pendidikan Kota Dumai, Tenaga Pendidik / Guru, Para Supir Angkutan Umum, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Dumai.

Dalam sambutannya, Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, S.I.K menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri serta seluruh tamu undangan yang hadir di Polres Dumai.

“Kepada seluruh peserta dan tamu undangan agar dapat menyampaikan data, pendapat, masukan maupun kendala dilapangan secara ril terhadap Tim Penelitian dan Supervisi agar maksud dan tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai,” harap Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, S.I.K.

Selanjutnya Ketua Tim Supervisi Puslitbang Polri Kombes Pol F. X. Surya Kumara, S.H, M.H, menyampaikan bahwa Tim Puslitbang Polri melakukan penelitian tentang pengguna jalan terkait dengan tingginya angka kecelakaan lalulintas guna dicarikan solusinya.

Metode penelitian berupa kuisioner yang disebar kepada masyarakat, untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, diharapkan para peserta dapat menyampaikan secara ril terkait survei ini.

Dalam penelitian ini Tim bekerjasama dengan konsultan dan akademisi, dan hasil penelitian ini nantinya akan diteruskan kepada Pimpinan Polri, sebagai bahan masukan untuk menentukan langkah kebijakan terkait masalah bidang lalu lintas ini.

Sementara Ketua Tim Penelitian Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K menyampaikan penjelasan tentang latar belakang dilaksanakannya penelitian tentang optimalisasi pengguna jalan yang berkeselamatan.

“Penelitian ini terdiri dari 2 tahap, yaitu meminta tanggapan atau pendapat masyarakat melalui kuisioner dan menggelar diskusi, hal ini untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas guna dicarikan solusinya dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas serta mengurangi fatalitas korban laka lantas,” jelas Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K.

Pantauan dilapangan, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan pemeriksaan serta diskusi, dimana para peserta dibagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok Internal dan Kelompok Eksternal dipimpin oleh Tim Puslitbang Polri. Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pos terkait