LAMR Kota Dumai Besok Melaksanakan Gerakan Seribu Vaksin

  • Whatsapp

Dumai (granatnewss) – Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai senin pagi melaksanakan gerakan seribu vaksin dibalai adat untuk masyarakat umum serta pelajar yang ada di kota Dumai, Minggu (05/09/20211).

Pelaksanaan gerakan seribu vaksin pagi senin dilaksanakan pengurus LAMR Dumai bekerja sama dengan Pemko Dumai cq Dinas Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Dalam acara besok dihadiri Gubernur Riau, Kapolda Riau, Dandrem Riau, Walikota Dumai, Ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri al Azhar, Kapolres Dumai, Dandim Dumai serta instansi terkait pemerintah.

Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen, yang bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan/imunitas aktif terhadap penyakit tertentu. Umumnya vaksin mengandung zat yang mewakili kuman penyebab penyakit yaitu kuman yang dilemahkan.

Imunitas pada tubuh manusia didapatkan melalui dua jenis cara yaitu :

  • Imunitas alami yaitu imunitas yang didapatkan seseorang setelah terkena penyakit. Terbagi menjadi dua :
  • Imunitas aktif alami : zat antibodi (imun) terbentuk setelah terkena penyakit
  • Imunitas pasif alami : zat antibodi diturunkan dari ibu ke janin melalui plasenta
  • Imunitas buatan yaitu imunitas yang didapatkan melalui rangsangan zat antigen yang dimasukkan ke dalam tubuh
  • Imunitas aktif buatan : zat antibodi (imun) terbentuk setelah pemberian vaksin
  • Imunitas pasif buatan : imunitas terbentuk setelah pemberian zat antibodi dalam tubuh

Datuk seri Syarudin Husin dalam kegiatan ini mengatakan, gerakan seribu vaksin ini adalah untuk masyarakat umum Dumai dari umur 12 tahun sampai lansia termasuk pelajar, kegiatan gerakan seribu vaksin adalah mendukung kegiatan pemerintah kota Dumai agar masyarakat ikut untuk vaksin agar terhindar dari covid 19.

” Masyarakat besok hanya datang membawa fotho kopi KTP dan KK untuk mendaftar di vaksin dibalai adat, disini kita juga setelah masyarakat di vaksin kita akan memberikan 5 kilo beras masing masing per KK ” ungkapnya

Lanjutnya, kami juga menghimbau bagi masyarakat Dumai yang belum vaksin agar datang di balai adat untuk di vaksin secara gratis, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan gerakan seribu Vaksin, tutupnya

Pos terkait