LAMR Dumai Apresiasi Kepada Sekolah SE Kota Dumai Pelatihan Tari Persembahan Melayu Sesuai Aturan LAMR provinsi Riau

  • Whatsapp

Dumai (granatnewss) – Lembaga adat melayu riau (LAMR) kota dumai telah melaksanakan pelatihan tari persembahan Melayu sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan oleh LAMR Propinsi Riau, Jumat (04/02/2022).

Tari makan sirih (persembahan) adalah salah satu tarian tradisional atau tarian klasik Riau (melayu) yang umumnya dipentaskan untuk menyambut dan dipersembahkan untuk menghormati tamu Negara / tamu agung yang datang. Saat pertunjukan, salah satu penari dalam tari petsembahan akan membawa kotak yang berisi sirih.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelatihan tarian persembahan ini dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 februari 2022 dibalai adat LAMR Kota Dumai. Adapun peserta pelatihan ini adalah siswa siswa mulai tingkat SD, SLTP, SLTA utusan sekolah/madrasah se Kota Dumai.

Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datok Seri Syarudin Husin melalui Sekjen LAMR Datok Janurizal Kota Dumai menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi sekolah/madrasah sekota dumai.

” Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan ada keseragaman tari persembahan bagi siswa siswi yang akan melakukan tari persembahan, karena selama ini ditemukan banyak gerak gerak yang tidak sesuai dengan aturan aturan atau norma norma adab melayunya ” kata Datok Seri Syarudin Husin melalui Sekjen LAMR Kota Dumai Datok Januarizal

Tari persembahan adalah suatu yang sakral penuh dengan pesan moral dan adab, tari persembahan adalah tari untuk menyambut tamu. Tentunya harus dilaksanakan dengan sopan dan santun serta penuh dengan dengan adab dan tata kerama. Itulah budaya melayu Kita berharap siswa dan sekolah yang mendapat pelatihan dapat mempraktekkannya ketika melaksanakan tari persembahan.

” LAMR Kota Dumai akan melaksanakan lomba tari persembahan ini nantinya dan mengundang sekolah sekolah untuk dapat mengikuti lomba tari persembahan sesuai dengan aturan dan kaedah yang telah diajarkan ” ungkapnya

Lanjutnya, Ucapan terima kasih kepada sekolah sekolah yang telah ikut serta dalam kegiatan ini. Kita mulai menegakkan budaya melayu dikota Dumai ini mulai dari tarian dan budaya melayu lainnya ” tutupnya Datok Seri Syarudin Husin melalui Sekjen LAMR Kota Dumai Datok Januarizal

Pos terkait